NO.
|
Kriteria
|
Saran
|
1
|
Guru
mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu.
|
- Guru
hendaknya mempelajari untuk mengetahui dan memahami pengetahuan bagaimana
memulai dan mengakhiri pelajaran
- Guru hendaknya mempraktikkan keterampilan mengawali dan mengakhiri
pelajaran melalui program praktik mengajar dalam kelas mikro atau kelas
normal dengan bimbingan sejawat
|
2
|
Jika guru
harus meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal
produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru
lain untuk mengawasi kelas.
|
- Guru agar
mengenali dan memahami cara-cara mengaktifkan siswa secara produktif dengan
berbagai tugas, melalui pengembangan diri, mengamati dan memperhatikan contoh
sejawat guru teladan yang berkarakter
|
3
|
Guru memenuhi
jam mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar
berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah.
|
- Guru agar dapat
memberi contoh disiplin dalam melaksanakan tugas mengajar dan kegiatan di
luar mengajar
- Guru hendaknya meningkatkan keterampilan untuk dapat mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab mengapa guru kurang disiplin/berkomitmen untuk
mengajar dan melakukan tugas tambahan di luar mengajar melalui pengembangan
diri, bimbingan sejawat
|
4
|
Guru meminta
ijin dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah
jika tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses pembelajaran
di kelas.
|
- Guru perlu
meningkatkan kesadaran akan tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan yang
telah direncanakan, khususnya proses pembelajaran dikelas.
- Guru agar mampu membiasakan diri agar manaati dalam melaksanakan setiap
tugas dan kegiatan yang telah direncanakan sesuai dengan etika profesi
melalui penegakan aturan sekolah
|
5
|
Guru
menyelesaikan semua tugas administratif dan non-pembelajaran dengan tepat
waktu sesuai standar yang ditetapkan.
|
- Guru
hendaknya memahami dan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas
administrasi dan non-pembelajaran sesuai standard an tepat waktu melalui
pengembangan diri, pendidikan dan latihan berkelanjutan di sekolah atau di
luar sekolah
|
6
|
Guru
memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif
terkait dengan tugasnya.
|
- Guru
hendaknya mengetahui, memahami dan mempraktikkan program-program kegiatan
selain mengajar seperti ekstra kurikuler seperti olahraga, seni, kegiatan
ilmiah melalui pengembangan diri, dan pelibatan dalam berbagai kegiatan
ekstrakurikuler
|
7
|
Guru
memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi
yang berdampak positif terhadap nama baik sekolah.
|
- Guru
hendaknya meningkatkan kesadaran, pemahaman tentang arti dan pentingnya peran
guru sebagai komponen sistem dalam pengembangan sekolah melalui pengembangan
diri dan pelibatan guru secara aktif dalam setiap kegiatan pengembangan
sekolah.
|
8
|
Guru merasa
bangga dengan profesinya sebagai guru.
|
- Guru perlu
menyadari dan termotivasi untuk bangga dengan profesi sebagai guru melalui
program pengembangan diri dan pembimbingan melalui workshop guru untuk
mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan rasa tidak bangga sebagai
guru
|