| 
NO. | 
Kriteria | 
Saran | 
  | 
1 | 
Guru
  mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu. | 
 
Guru
  hendaknya mempelajari untuk mengetahui dan memahami pengetahuan bagaimana
  memulai dan mengakhiri pelajaranGuru hendaknya mempraktikkan keterampilan mengawali dan mengakhiri
  pelajaran melalui program praktik mengajar dalam kelas mikro atau kelas
  normal dengan bimbingan sejawat 
 | 
  | 
2 | 
Jika guru
  harus meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal
  produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru
  lain untuk mengawasi kelas. | 
 
Guru agar
  mengenali dan memahami cara-cara mengaktifkan siswa secara produktif dengan
  berbagai tugas, melalui pengembangan diri, mengamati dan memperhatikan contoh
  sejawat guru teladan yang berkarakter 
 | 
  | 
3 | 
Guru memenuhi
  jam mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar
  berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah. | 
 
Guru agar dapat
  memberi contoh disiplin dalam melaksanakan tugas mengajar dan kegiatan di
  luar mengajarGuru hendaknya meningkatkan keterampilan untuk dapat mengidentifikasi
  faktor-faktor penyebab mengapa guru kurang disiplin/berkomitmen untuk
  mengajar dan melakukan tugas tambahan di luar mengajar melalui pengembangan
  diri, bimbingan sejawat 
 | 
  | 
4 | 
Guru meminta
  ijin dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah
  jika tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses pembelajaran
  di kelas. | 
 
Guru perlu
  meningkatkan kesadaran akan tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan yang
  telah direncanakan, khususnya proses pembelajaran dikelas.Guru agar mampu membiasakan diri agar manaati dalam melaksanakan setiap
  tugas dan kegiatan yang telah direncanakan sesuai dengan etika profesi
  melalui penegakan aturan sekolah 
 | 
  | 
5 | 
Guru
  menyelesaikan semua tugas administratif dan non-pembelajaran dengan tepat
  waktu sesuai standar yang ditetapkan. | 
 
Guru
  hendaknya memahami dan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas
  administrasi dan non-pembelajaran sesuai standard an tepat waktu melalui
  pengembangan diri, pendidikan dan latihan berkelanjutan di sekolah atau di
  luar sekolah 
 | 
  | 
6 | 
Guru
  memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif
  terkait dengan tugasnya. | 
 
Guru
  hendaknya mengetahui, memahami dan mempraktikkan program-program kegiatan
  selain mengajar seperti ekstra kurikuler seperti olahraga, seni, kegiatan
  ilmiah melalui pengembangan diri, dan pelibatan dalam berbagai kegiatan
  ekstrakurikuler 
 | 
  | 
7 | 
Guru
  memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi
  yang berdampak positif terhadap nama baik sekolah. | 
 
Guru
  hendaknya meningkatkan kesadaran, pemahaman tentang arti dan pentingnya peran
  guru sebagai komponen sistem dalam pengembangan sekolah melalui pengembangan
  diri dan pelibatan guru secara aktif dalam setiap kegiatan pengembangan
  sekolah. 
 | 
  | 
8 | 
Guru merasa
  bangga dengan profesinya sebagai guru. | 
 
Guru perlu
  menyadari dan termotivasi untuk bangga dengan profesi sebagai guru melalui
  program pengembangan diri dan pembimbingan melalui workshop guru untuk
  mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan rasa tidak bangga sebagai
  guru 
 |