INDIKATOR PENILAIAN KINERJA

Indikator Penilaian Kinerja Guru

NO.
Kriteria
Saran
1
Guru mengawali dan mengakhiri pembelajaran dengan tepat waktu.
  1. Guru hendaknya mempelajari untuk mengetahui dan memahami pengetahuan bagaimana memulai dan mengakhiri pelajaran
  2. Guru hendaknya mempraktikkan keterampilan mengawali dan mengakhiri pelajaran melalui program praktik mengajar dalam kelas mikro atau kelas normal dengan bimbingan sejawat

2
Jika guru harus meninggalkan kelas, guru mengaktifkan siswa dengan melakukan hal-hal produktif terkait dengan mata pelajaran, dan meminta guru piket atau guru lain untuk mengawasi kelas.
  1. Guru agar mengenali dan memahami cara-cara mengaktifkan siswa secara produktif dengan berbagai tugas, melalui pengembangan diri, mengamati dan memperhatikan contoh sejawat guru teladan yang berkarakter

3
Guru memenuhi jam mengajar dan dapat melakukan semua kegiatan lain di luar jam mengajar berdasarkan ijin dan persetujuan pengelola sekolah.
  1. Guru agar dapat memberi contoh disiplin dalam melaksanakan tugas mengajar dan kegiatan di luar mengajar
  2. Guru hendaknya meningkatkan keterampilan untuk dapat mengidentifikasi faktor-faktor penyebab mengapa guru kurang disiplin/berkomitmen untuk mengajar dan melakukan tugas tambahan di luar mengajar melalui pengembangan diri, bimbingan sejawat

4
Guru meminta ijin dan memberitahu lebih awal, dengan memberikan alasan dan bukti yang sah jika tidak menghadiri kegiatan yang telah direncanakan, termasuk proses pembelajaran di kelas.
  1. Guru perlu meningkatkan kesadaran akan tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan, khususnya proses pembelajaran dikelas.
  2. Guru agar mampu membiasakan diri agar manaati dalam melaksanakan setiap tugas dan kegiatan yang telah direncanakan sesuai dengan etika profesi melalui penegakan aturan sekolah

5
Guru menyelesaikan semua tugas administratif dan non-pembelajaran dengan tepat waktu sesuai standar yang ditetapkan.
  • Guru hendaknya memahami dan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas administrasi dan non-pembelajaran sesuai standard an tepat waktu melalui pengembangan diri, pendidikan dan latihan berkelanjutan di sekolah atau di luar sekolah

6
Guru memanfaatkan waktu luang selain mengajar untuk kegiatan yang produktif terkait dengan tugasnya.
  • Guru hendaknya mengetahui, memahami dan mempraktikkan program-program kegiatan selain mengajar seperti ekstra kurikuler seperti olahraga, seni, kegiatan ilmiah melalui pengembangan diri, dan pelibatan dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler

7
Guru memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah dan mempunyai prestasi yang berdampak positif terhadap nama baik sekolah.
  • Guru hendaknya meningkatkan kesadaran, pemahaman tentang arti dan pentingnya peran guru sebagai komponen sistem dalam pengembangan sekolah melalui pengembangan diri dan pelibatan guru secara aktif dalam setiap kegiatan pengembangan sekolah.

8
Guru merasa bangga dengan profesinya sebagai guru.
  • Guru perlu menyadari dan termotivasi untuk bangga dengan profesi sebagai guru melalui program pengembangan diri dan pembimbingan melalui workshop guru untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan rasa tidak bangga sebagai guru