Profil

       DATA MADRASAH

       Nama Satuan Pendidikan      : MTs Al Fatah Temboro
       Nama Kepala Madrasah       : Bapak H. Anwar Mughits, Lc
       Jumlah Siswa                               : 2.397 siswa
       Daerah asal Siswa                     : Seluruh propinsi di Indonesia
       Jumlah Rombongan Belajar : 92 Rombel
       Jumlah Guru dan Staf           : 129  orang

       Alamat

Visi dan Misi Madrasah :

Visi 

”Menuju Generasi Islam yang ’Alim, Berjiwa Da’i, Berakhlak Mulia dan Taqwa”

Indikator:
  1. Unggul dalam prestasi akademik
  2. Unggul dalam prestasi UN
  3. Unggul dalam prestasi nonakademik
  4. Unggul dalam proses pembelajaran
  5. Unggul dalam pembentukan sifat-sifat da’i
  6. Unggul dalam pembentukan sifat-sifat ahli ilmu
  7. Unggul dalam pembentukan sifat-sifat ahli dzikir
  8. Unggul dalam pembentukan sifat-sifat ahli ibadah 
  9. Unggul dalam pembentukan sifat-sifat akhlakul karimah

MISI
  1. Mendidik peserta didik menjadi ahli ilmu dan mampu mengamalkan ilmunya.
  2. Melaksanakan pendidikan yang berorientasi pada terbentuknya peserta didik yang berjiwa da’i
  3. Mendorong peserta didik memiliki sifat memuliakan dan mengagungkan perintah Alloh dan Sunnah Rasulullah
  4. Membina peserta didik untuk memiliki akhlak yang mulia
  5. Mengarahkan peserta didik untuk dapat berperilaku jujur, cakap, cerdas dan ikhlas dalam setiap amal.

Profil  Madrasah

Standar Isi
      Dokumen Kurikulum madrasah kami sudah disusun dan disahkan sejak tahun 2009, dan terus di revisi setiap tahunnya. Kurikulum dikembangkan menggunakan panduan BSNP dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat, kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran. Mulai tahun pelajaran 2013/2014 madrasah kami siap melaksanakan Kurikulum 2013 ( K 13) untuk jenjang kelas 7.
Kurikulum menunjukkan adanya alokasi waktu, rencana program remedial, dan pengayaan bagi siswa. Kurikulum juga mencakup program kegiatan pengembangan diri, baik melalui bimbingan konseling maupun ekstra kurikuler. Namun di madrasah kami kurikulum masih perlu dikembangkan.

Standar Proses
      Para pendidik di madrasah kami telah menyusun perangkat pembelajaran seperti Prota, Promes, Silabus dan RPP. Demikian pula sebagian pendidik telah melaksanakan metode pembelajaran yang variatif, menggunakan berbagai sumber dan media pembelajaran, bahkan sebagian besar  guru sudah dapat menggunakan media pembelajaran yang berbasis IT. Namun demikian belum semua guru  dalam penyusunan RPP mempertimbangkan kemampuan awal, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya. Madrasah akan menfasilitasi peningkatan kualitas SDM para pendidik melalui diklat, workshop dan lain-lain.

Standar Kompetensi Lulusan
       Para peserta didik di madrasah kami dapat mencapai target akademis, baik dari pencapaian KKM setiap pelajaran maupun dari Ujian Nasional. Namun kemajuan/ peningkatan prestasi belajar peserta didik madrasah kami belum secara konsisten. Madrasah kami juga menawarkan berbagai program pengembangan diri untuk mengembangkan kepribadian, ketrampilan hidup dan nilai-nilai agama dan budaya peserta didik.
Madrasah menfasilitasi pengembangan bakat dan minat peserta didik dengan menambah program ekstra kurikuler. Disamping itu untuk meningkatkan hasil prestasi akademis, madrasah menambah jam pembelajaran di luar jam madrasah.

Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
       Para pendidik di madrasah kami dari jumlahnya memenuhi standar nasional, namun dari segi kualifikasi dan kompetensinya masih perlu ditingkatkan untuk memenuhi SPM. Adapun Tenaga kependidikan jumlahnya sesuai standar pelayanan minimal, namun kualifikasi dan kompetensinya masih perlu ditingkatkan untuk memenuhi SPM. Oleh karena itu perlu penambahan tenaga kependidikan disamping juga perlu peningkatan kualifikasi dan kompetensi tenaga pendidik.

Standar Sarana dan Prasarana
        Kondisi madrasah saat ini sarana prasarana pembelajaran cukup memadai dengan ruang belajar yang kondusif serta nyaman, walaupun belum mencapai standar nasional, khususnya ruang kelas, ruang guru, ruang laboratorium dan ruang perpustakaan yang masih perlu penambahan dan/atau perluasan.
Standar Pengelolaan  
        Madrasah kami memiliki visi, misi dan tujuan yang jelas, yang telah diimplementasikan baik dalam RKM maupun RKAM. RKM dan RKAM juga dapat diakses oleh seluruh warga madrasah dan masyarakat melalui jaringan website (blog) madrasah. Kinerja madrasah dievaluasi secara periodik dan dalam perumusannya melibatkan seluruh warga madrasah. Oleh karena itu, madrasah kami menfasilitasi evaluasi terhadap kinerja madrasah serta melibatkan semua warga madrasah dalam merumuskan RKM dan RKMS.

Standar Pembiayaan
       Madrasah kami dalam pengelolaan keuangan merujuk pada ketentuan yang berlaku, mulai dari perencanaan (RAPBM), pembukuan dan pelaporan. Pembelanjaan keuangan  sesuai dengan perencanaan. Disamping itu semua warga madrasah dapat mengakses dengan mudah pengelolaan keuangan madrasah.

Standar Penilaian
              Madrasah kami merencanakan penilaian proses dan hasil belajar peserta didik serta menginformasikan kepada peserta didik. Madrasah kami juga melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik, bentuk dan jenis penilaian, walaupun belum optimal.