Kesiswaan


KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
KONSEP KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
            MTs Al Fatah Temboro mengelola Kegiatan Pengembangan Diri dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, bakat, minat dan kondisi masing-masing peserta didik.
            Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan/atau dibimbing oleh guru, konselor, guru BP atau tenaga kependidikan lainnya.  Kegiatan pengembangan diri dilaksankan dalam bentuk kegioatan Pelayanan Konseling atau kegiatan kreatifitas / kepribadian peserta didik. Kegiatan ini bukan mata pelajaran maka tidak perlu dibuakan silabus. Penilaian dilakukan secara kualitatif (deskripsi).
Pelaksanaan kegiatan  pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan
1)  Rutin, yaitu kegiatan yang dilakukan terjadwal, seperti: upacara bendera, senam, ibadah khusus keagamaan bersama, pemeliharaan kebersihan dan kesehatan diri;
2)  Spontan, adalah kegiatan  tidak terjadwal dalam kejadian khusus seperti: pembentukan perilaku memberi salam, membuang sampah pada tempatnya, antri, mengatasi silang pendapat (pertengkaran);
3)  Keteladanan, adalah kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari seperti:   berpakaian rapi, berbahasa yang baik, rajin membaca, memuji kebaikan dan atau keberhasilan orang lain, datang tepat waktu;
4)  Terprogram, adalah kegiatan  yang dirancang secara khusus dalam kurun waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan peserta didik secara individual,  kelompok, dan klasikal melalui penyelenggaraan layanan dan kegiatan pendukung konseling, ekstra kurikuler seperti kelompok karya ilmiah, latihan/lomba keberbakatan/prestasi, seminar, workshop, bazar, dan kegiatan lapangan, dsb.;
5) Pengkondisian, adalah pengadaan sarana yang mendorong terbentuknya perilaku terpuji.
1.     TUJUAN PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI
a.          Tujuan Umum
Pengembangan Diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, kondisi dan perkembangan peserta didik dengan memperhatikan kondisi madrasah.
b.          Tujuan Khusus
Pengembangan Diri bertujuan menunjang pendidikan peserta didik dalam mengembangkan ; (1) Bakat, (2) Minat, (3) Kreatifitas, (4) Kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan, (5) Kemampuan kehidupan beragama, (6) Kemampuan social, (7) Kemampuan belajar, (8) Wawasan dan perencanaan karir, (9) Kemampuan pemecahan masalah, (10) Kemandirian

2.     RUANG LINGKUP PENGEMBANGAN DIRI

1.     Ketaqwaan
2.     Ketertiban
3.     Kedisiplinan
4.     Tanggung Jawab
5.     Kerja sama
6.     Kerajinan
7.     Toleransi
8.     Sopan santun
9.     Rasa Hormat
10.  Hemat
11.  Keamanan
12.  Kebersihan


3.  BENTUK,TUJUAN DAN SASARAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
Berdasarkan kondisi objektif sekolah, kegiatan pengembangan diri yang dipilih dan ditetapkan adalah sebagai berikut.

a. Majalah Dinding / Jurnalistik
Tujuan :
1)     melatih peserta didik berpikir kritis/ilmiah
2)    melatih peserta didik terampil dalam menulis karya ilmiah, majalah Madrasah dan mading.
3)  Mempersiapkan peserta didik menjadi Penulis Kitab agama yang lurus dan ikhlas.
Sasaran : siswa kelas VIII dan IX
c. Kegiatan Beladiri
Tujuan :
1)       Mengusai teknik beladiri dengan/tanpa alat  serta mampu menyerap nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
2)       Memperoleh standart kebugaran dan mampu mengembangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Sasaran : semua siswa
 d. Mudzakarah Adab (Implementasi Program Pramuka)
Tujuan :
1)   Menanamkan sifat keteladanan, tanggungjawab, saling menghormati dan memuliakan serta kepedulian terhadap lingkungan 
2) Mengembangkan jiwa kepemimpinan, mandiri, teguh menghadapi masalah, dan dapat bersikap bijaksana dalam keberbedaan
Sasaran : semua siswa